Menghilangkan Nama Aplikasi di Dekstop

Hadi M Assegaf
8

Cerdas-yes!!- Windows adalah sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi Microsoft. Sistem operasi ini digunakan pada berbagai jenis komputer, termasuk komputer pribadi (PC), laptop, tablet, dan beberapa jenis perangkat lainnya. Namun terkadang kita merasa sedikit membosankan terhadap tampilan aplikasi pada deksop yang lengkap dengan label/nama nya. Terlihat sangat familiar dengan PC lainnya.

"Ilustrasi: my dekstop"

Pada kesempatan ini, kita akan membahas cara menghilangkan nama aplikasi pada dekstop pc atau laptop dengan tujuan aplikasi tersebut hanya menampilkan ikon aplikasi saja, seperti ilustrasi banner diatas. Dalam proses ini sebenarnya bukan untuk menghilangkan, namun lebih tepatnya mengganti nama aplikasi tersebut menggunakan spesial karakter yang tidak terlihat, yang pada akhirnya aplikasi tersebut terlihat tidak memiliki nama. 

A. Cara menghilangkan nama/ label aplikasi pada dekstop Windows

dalam proses menghilangkan nama/ label aplikasi pada dekstop, terlebih dahulu mempersiapkan spesial karakter tersebut yang kemudian di replace pada aplikasi tujuan.

Berikut langkah nya: 

  1. Tentukan Apikasi yang ingin di hilangkan label/ namanya.

  2. Rename Aplikasi tersebut dengan Spesial Karakter dengan cara kilik kanan lalu klik pilihan rename, bisa menggunakan shortcut F2 atau ( fn + F2).

  3. Setelah kotak dialog label terbuka, blok nama aplikasi tersebut lalu paste spesial karakter pada kotak dialog.

  4. Klik di area mana saja bagian dekstop untuk menyimpan perubahannya.

  5. Selesai

B. Cara mendapatkan Spesial Karakter

untuk mendapatkan spesial karakter nya langkah yang perlu kita lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Carilah "character map" pada kotak dialog pencarian yang bersebelahan dengan windows. jika kesulitan pada tahap ini, bisa lakukan dengan cara menekan tombol windows yang berada pada keyboard terlebih dahulu maka secara otomatis masuk kedalam kotak dialog pencarian / Search, maka masukan "character map" lalu pilih aplikasi yang di tampilkan dengan nama Character map tersebut.

  2. Selanjutnya akan muncul pop-up charakter map, selanjutnya rubah jenis font menjadi "calibri"

  3. Selanjutnya carilah spesial karakter "Blank" untuk direplace ke nama atau label aplikasi di dekstop.

  4. Setelah spesial karakter tersebut ditemukan maka pilihlah karakter tersebut dengan cara klik pada karakter, lalu klik pilihan Select

  5. Setelah karakter tersebut masuk ke dalam kotak dialog "Characters to copy", lalu klik tombol copy.

  6. Setelah melakukan langkah ke lima, maka spesial karater sudah di copy dan siap untuk di gunakan

  7. Selesai

Jika semua langkah untuk mendapatkan spesial karakter telah dilakukan, maka selanjutnya dapat di terapkan ke aplikasi yang ingin di hilangkan nama/label nya pada point "A"

Catatan:

Spesial karakter hanya bisa di guna kan satu sekali, jika ingin menerapkan pada banyak aplikasi, maka disarankan untuk dikombinasi dengan spasi satu kali atau lebih, jika terjadi kegagalan pada saat penyimpanan maka dapat di lakukan dengan cara mengambil spesial karaterlain nya. Sama hal dengan melakukan rename umumnya, tidak bisa disimpan jika namanya sama.

Berikut di tampilkan potongan gambar sebagai ilustrasi proses perubahan nama pada aplikasi;



"Aplikasi yang akan di rename"


"Mencari Character Map"


"Mengubah nama font pada Character Map"


"Memilih spesial karakter pada Character Map"


"Proses pengaplikasian pada aplikasi yang di pilih"


"Hasil akhir setelah di lakukan pengaplikasian tersebut"


Post a Comment

8Comments

Post a Comment