Tips Agar Terbebas dari Infeksi Di Rumah Sakit

Hadi M Assegaf
10
Hai sahabat cerdas yes, Assalamualaikum, langsung saja kepembahasan yang menurut admin ini sangat penting untuk diperhatikan, agar tidak terjadi hal yang buruk terhadap kita "niat kerumah sakit untuk mengunjungi pasien yang sakit, niat berbuat baik, malah membawa pulang penyakit, apes-apes". dan bukan hanya kita loh yang mengalami kerugian pasien yang sedang menjalankan rawat jalanpun juga mengalami kerugian, "siapa yang harus disalahkan sekarang ?"
Ilustrasi: Virus

Sedikit ulasan tentang rumah sakit, agar sahabat mengenali lebih dalam bagai mana keadaan rumah sakit, agar bisa lebih berhati-hati saat berkunjung.

Rumah sakit merupakan pusat pelayanan kesehatan, menampung para pasien yang melakuakn perawatan atau berobat dengan jenis penyakit yang beragam, oleh karena itu rumah sakit juga bisa dikatakan sebagai tempat infeksi terbesar dimana segala jenis bakteri dan virus atau mikroorganisme bertebaran disana.

Bagaimana bisa terjadi ?
"ya, pertanyaan yang bagus" hal ini dapat terjadi karena bakteri, virus, dan mikroorganisme bertebaran dimana-mana, bisa jadi pada alat-alat medis, baju pengunjung, dan petugas, dan yang paling umum bertebaran melalui udara.

Bagaimana cara menangkal nya?
Tenang sahabat cerdas admin akan kasih sedikit tips agar kita terbebas dari hal yang tidak diinginkan,

Cucilah tangan sebelum dan sesudah mengunjungi pasien
"Mengapa cuci tangan ?" ya, sahabat sangat kritis dalam hal ini, hehe.
Tangan merupakan tempat dimana kuman berkumpul dan menyebar, kenapa dikatakan seperti itu, karna kita tidak menyadari apa yang tangan kita lakukan sebelumnya, mencuci tangan sangat lah di anjurkan untuk memulai melakukan sesuatu dan setelahnya.

Untuk petugas kesehatan hal ini sangat di tekankan agar tidak terjadinya perpindahan mikroorganisme yang terdapat pada pasien dan berpindah pada pasien berikutnya.

Tertiplah saat mengunjungi pasien
Ketertiban haruslah di jaga agar kenyamanan antara petugas, pasien, dan pengunjung itu terpenuhi, apa bila kita suka berpindah tempat saat mengunjung pasien dirumah sakit, menyentuh ini itu tanpa melakukan disinfektan terlebih dahulu, itu akan memudahkan kuman yang ada untuk berpindah, ingatlah "mikroorganisme tidak hanya menetap pada pasien saja, namun pada orang yang sehat dan yang memberi pelayanan kesehatanpun juga akan menjadi tempat akhir penempatan si kuman itu.
coba bayangkan apa yang akan terjadi, bukan hanya menambah waktu perawatan pasien malah akan menambah jumlah pasien dalam waktu singkat.

Tidak merokok di wilayah rumah sakit
PERINGATAN !!! " ROKOK MEMBUNUHMU" masih ingat dengan slogan itu ga sahabat, larangan merokok dirumah sakit cukuplah banyak,coba perhatikan, hampir disetiap institusi yang ada di sana melarang keras kepada pasien,pengunjung, bahkan petugas untuk merokok disana, selain untuk menghilangkan asap rokok yang ditimbulkan oleh perokok, larangan itu juga bermaksud agar mereka yang merokok tidak terinfeksi dari mikroorganisme berbahaya dirumah sakit, pada saat menghisap rokok, bukan hanya asapnya yang terhirup, bahkan mikroprganisme disekitarpun akan ikut masuk kemulut, bahkan keparu-paru, meski rokok memiliki filter yang baik pun, segala jenis mikroorganisme itu akan ikut masuk kedalamnya.

Tidak menggantungkan pakaian dirumah setelah melakukan kunjungan rumah sakit
Ini yang sangat perlu diperhatikan baik itu petugas kesehatan, maupun pengunjung rumah sakit, setba dirumah jagan menggantungkan pakaian dirumah secara bebas. "bagaimana caranya agar aman ?" nice question guys,

Untuk petugas kesehatan : setiba dirumah, janganlah berlama-lama berada didalam dengan keadaan berpakaian dinas, sebaiknya langsung diganti, dan diletakkan dibawah sinar matahari agar kuman yang berada disana langsung melemah dan mati, "menimbang besok harus menggunaan baju yang sama untuk bertugas"  setelah itu langsunglah untuk membersihkan diri.

Untuk pengunjung : sama dengan apa yang dilakukan petugas kesehatan namun lebih baik lagi apabila pengunjung langsung mencuci baju yang telah digunakan untuk berkunjung tadi

saran admin sih sama ya dengan point terakhir, namun sedikit yang admin tambahkan "sayangilah anakmu" sepulang dari rumah sakit janganlah menggendong atau berlama-lama dengan anak, lakuka dulu seperti point terakir itu, lalu baru bisa bermain dengan anak.

sekian sedikit ulasan agar terbebas dari infrksi rumah sakit, semoga bermanfaat bagi sahabat cerdas yes.

Post a Comment

10Comments

  1. terimakasih info nya gan, berkat agan saya jadi makin tahu kalo dari rumah sakit itu membawa berbagai macam virus berbahaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama gan, sebaiknya berbagi informasi postif agar lebih tau dan biasa mengaman kan sekurang-kurangnya diri sendiri, hehe

      Delete
  2. Waduh.. Smga saya ga kena gan, :3 soalnya jarang nglakuin hal diatas

    ReplyDelete
  3. Serius banget pihak rumah sakit nya. Mantp gan

    ReplyDelete
  4. ane setiap kerumah sakit ga pernah cuci tangan hadehh, makasih gan udah ngasih tau

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama gan, sudah bisa dirubah kebiasaan cuci tngan, agar kita aman aman aja gan

      Delete
  5. makasih infonya, jadi lebih tau tentang rumahsakit

    ReplyDelete
Post a Comment