Tetap Bugar saat Puasa dengan Olahraga

Hadi M Assegaf
0

Cerdas-yes!!-  Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang sangat dinantikan oleh umat muslim seluruh dunia, dimana bulan ini merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan, ampunan, serta Rahmat Allah Subhanahu wata'ala.

Ilustrasi : Yoga 

Di bulan Ramadhan, umat muslim seluruh dunia diwajibkan menjalani puasa selama sebulan penuh, perintah melaksanakan puasa tersebut terdapat dalam Al-Qur'an surah Al- Baqarah ayat 183 yang artinya " Wahai orang orang beriman! diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana di wajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa". 


Tidak hanya dalam Al-Qur'an, perintah puasa juga terdapat dalam rukun islam, yang berarti hal pokok yang tidak boleh di tinggalkan oleh umat muslim. Puasa sendiri merupakan salah satu dari 5 rukun dalam islam yaitu "Melaksanakan Puasa di Bulan Ramadhan".


Tidak lama lagi, kita akan menyambut kedatangan bulan suci ramadhan, umat muslim di berbagai belahan dunia pasti akan merasa sangat senang dan gembira, kedatangan bulan tersebut merupakan suatu keberkahan karena segala amal perbuatan baik dinilai sebagai ibadah, bahkan tidur pun juga dinilai ibadah. "Tidurnya orang puasa adalah ibadah, diam nya adalah tasbih, amal ibadahnya dilipat gandakan, doanya dikabulkan , dan dosa nya di ampuni, (HR. Baihaqi).


Hadis tersebut menunjukan segala sesuatu perbuatan baik maka dinilai sebagai ibadah, namun bukan berarti kita harus banyak tidur pada saat menjalankan ibadah puasa, yang dimaksud dalam hadis tersebut ialah jika ada hal hal yang dapat merusak atau mengotori keutamaan berpuasa, maka orang yang tidur saat puasa lebih baik dari pada orang yang terjaga disaat berpuasa tetapi melakukan perbuatan yang dapat merusak keutamaan berpuasa.


Puasa bukan menjadi halangan bagi kita agar tetap menjadi pribadi yang aktif dan produktif, banyak cara yang dapat kita lakukan agar memperoleh pahala ibadah puasa, dari pada kita kebanyakan tidur di saat puasa, lebih baik kita isi dengan kegiatan yang bermanfaat, salah satunya dengan berolah raga, agar tubuh tetap bugar, dan kenikmatan dalam melakukan ibadah menjadi lebih bertambah.


Namun bagaimana cara nya agar kita dapat berolahraga, sedangkan waktu dalam menjalankan ibadah puasa sangatlah panjang, periode melaksanakan ibadah puasa yang dimulai dari terbitnya matahari ditandai dengan imsak hingga terbenamnya matahari yang ditandai dengan adzan magrib. 


Perlu diperhatikan bahwa, menjalankan ibadah puasa memerlukan waktu yang panjang, tentu saja kita tidak dapat melakukan semua jenis olahraga, karena akan menguras energi yang sangat besar. Di lansir dari laman web Universitas Negeri Surabaya, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan untuk berolahraga di saat berpuasa, karena berolahraga disaat berpuasa tidaklah sembarangan, niat hati ingin tetap bugar, malah berakibat fatal.


Apa saja yang harus kita perhatikan dalam berolahraga disaat puasa ?

  1. Waktu Berolahraga

    Kita dapat melakukan olahraga di tiga waktu, yakni pada waktu sebelum sahur, satu jam sebelum berbuka puasa, dan setelah berbuka puasa atau setelah melaksanakan shalat tarawih.


    Hindari berolahraga 1 jam sebelum tidur, karena akan menjadikan kita sulit untuk tidur, hal ini dikarenakan saat berolahraga maka akan ada peningkatan suhu tubuh, sehingga tubuh akan memproduksi keringat guna menormalkan suhu tubuh, prpses inilah yang menjadikan seseorang akan mengalami ganguan tidur.


  2. Jenis Berolahraga

    Ada beberapa jenis olahraga yang dapat di rekomendasikan saat berpuasa.

    1. Olahraga melatih jantung atau kardio seperti joging, jalan cepat, berenang serta bersepeda

    2. Olahraga melatih kekuatan seperti pull up, sit up, back up, serta squat plank

    3. Olahraga melatih kelenturan seperti yoga serta pilates 


    Berenang merupakan jenis olahraga melatih jantung atau kardio yang baik, namun saat berpuasa makan akan sangat beresiko jika dilakukan, karena dapat membatalkan puasa.


  3. Durasi Berolahraga

    Olahraga saat berpuasa sangat bergantung pada kondisi dari masing masing individu, namun perlu di catat bahwa waktu yang direkomendasikan adalah 30-35 menit dengan skala olahraga 3-5 hari dalam seminggu


  4. Makanan

    Untuk menjaga kebugaran saat berpuasa sangat di anjurkan makan makanan dengan gizi seimbang, istirahat yang cukup, tidak merokok dan tidak mengkonsumsi minuman beralkohol.

Sumber: 


Abidin, M. A. Z., 2020. Maksud Hadits "Tidur Orang Berpuasa adalah Ibadah". [Online] Available at: https://islam.nu.or.id/ramadhan/maksud-hadits-tidur-orang-berpuasa-adalah-ibadah-kLinb [Accessed 28 Februari 2023].

Azizah, L. N., n.d. Pengertian Puasa: Jenis, Syarat, Rukun, dan Ketentuannya. [Online] Available at: https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-puasa/ [Accessed 28 Februari 2023].

Baznaz RI, 2021. Rukun Dan Syarat Puasa Yang Wajib Diketahui. [Online] Available at: https://baznas.go.id/v2/artikel-show/Rukun-Dan-Syarat-Puasa-Yang-Wajib-Diketahui/99?back=https://baznas.go.id/v2/artikel-all [Accessed 28 Februari 2023].

hallosehat, 2021. 7 Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Fit Saat Puasa. [Online] Available at: https://hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/8-cara-menjaga-tubuh-agar-tetap-fit-saat-puasa/ [Accessed 28 Februari 2023].

Hikmah, M., 2022. Hal-Hal Yang Perlu Dipersiapkan Menyambut Bulan Suci Ramadhan. [Online] Available at: https://islamic-economics.uii.ac.id/hal-hal-yang-perlu-dipersiapkan-menyambut-bulan-suci-ramadhan/ [Accessed 28 Februari 2023].

Kemenag RI, 2020. Menyambut Kehadiran Bulan Ramadan. [Online] Available at: https://kemenag.go.id/read/menyambut-kehadiran-bulan-ramadan-4xyd0 [Accessed 28 Februari 2023].

Republika, 2022. Dalil Kewajiban Puasa Ramadhan bagi Umat Islam. [Online] Available at: https://iqra.republika.co.id/berita/q94bde320/dalil-kewajiban-puasa-ramadhan-bagi-umat-islam [Accessed 28 Februari 2023].

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)