Mudah dan Cepat! Ubah Faskes Melalui Aplikasi Mobile JKN

Hadi M Assegaf
0


Cerdas-yes!!- Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia dalam mengakses berbagai layanan kesehatan yang berkualitas. Dalam program JKN, peserta memiliki kebebasan untuk memilih faskes (Fasilitas Fesehatan) yang di inginkan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing. Salah satu cara merubah faskes dengan mudah dan cepat adalah melalui mobile JKN.



Ilustrasi: M-JKN

Dalam artikel ini akan dijelaskan secara lengkap tentang bagai mana cara mengubah faskes melalui aplikasi Mobile JKN dengan cara mudah dan cepat. Selain itu, teman-teman juga akan diberikan tips dan saran mengenai hal-hal yang perlu di perhatikan sebelum memilih faskes yang baru. 



Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk mengubah faskes melalui aplikasi Mobile JKN:

  • Unduh aplikasi Mobile JKN di smartphone anda (dapat diakses melalui Playstore untuk pengguna Android dan Apps Store untuk pengguna iPhone).

  • Login menggunakan akun Mobile JKN milik anda.



  • Pilih menu Perubahan data peserta pada halaman utama aplikasi (apabila tidak ada, anda bisa memilih fitur Menu lainya pada halaman utama aplikasi).


  • Selanjutnya anda akan disuguhkan informasi data kepesertaan milik anda, lalu pilih fitur Fasilitas Kesehatan Tingkat I  pada bagian bawah.


  • Selanjutnya aplikasi akan menampilkan pop-up "Perubahan Faskes I" yang di lengkapi dengan form perubahan data faskes yang harus di isi, terdiri dari "Provinsi, Kota/Kabupaten, dan Fasilitas Kesehatan".


  • Selanjutnya mengisi form yang telah disuguhkan kepada anda sesuai dengan alamat faskes yang anda inginkan.


  • Selanjutnya lakukan penyimpanan dengan menekan tombol simpan (untuk persetujuan, anda akan menerima kode OTP yang dikirimkan melalui sms atau email oleh sistem).


  • Setelah menerima kode OTP, selanjutnya anda dapat melakukan proses persetujuan untuk melakukan perubahan faskes dan faskes akan otomatis tersimpan.

Tips dan saran dalam memilih serta merubah faskes yang tepat:

  1. Periksa lokasi faskes dan pastikan mudah untuk di akses (faskes terdekat direkomendasikan)


  2. Pastikan faskes tersebut menyediakan layanan yang anda butuhkan, seperti layanan rawat jalan dan gawat darurat (Rawat inap jika ada)


  3. Cek kualitas pelayanan faskes, misalnya dengan membaca review dari pasien yang pernah berobat pada faskes tersebut atau dapat melihat ulasan pada aplikasi layanan faskes atau pencarian web.


  4. Dalam hal merubah faskes untuk satu keluarga maka dapat mencentang kotak cheklist pada form perubahan faskes yang ada di pop-up "Perubahan Faskes I". Jika hanya beberapa orang saja dalam keluarga maka dapat merubah satu persatu dengan cara memilih fitur peserta pada halaman informasi kepersertaan.


  5. Perubahan faskes hanya dapat dilakukan dalam 3 bulan sekali, pastikan faskes yang akan dirubah sudah sesuai adanya, perubahan berikutnya baru dapat dilakukan setelah masa 3 bulan faskes saat ini.


  6. Setiap perubahan faskes, faskes baru akan efektif pada tanggal 1 bulan berikutnya, jika anda memiliki keinginan melakukan perubahan faskes, maka dapat dilakukan paling lambat akhir bulan agar pada tanggal 1 bulan berikutnya sudah dapat di gunakan di faskes yang baru.


Dengan memanfaatakan aplikasi mobile JKN secara optimal dan memperhatikan tips dan saran dalam memilih serta merubah faskes yang tepat, peserta JKN dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan, sehingga diharapkan derajat kesehatan masyarakat indonesia dapat semakin meningkat dan terjaga


Sumber: 

BPJS Kesehatan RI, 2020. Panduan Pelayanan Bagi Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat. In: s.l.:s.n.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)