Permintaan Informasi dan Pengaduan Peserta BPJS Kesehatan

Hadi M Assegaf
0

 Cerdas-Yes!!- BPJS Kesehatan adalah lembaga penyelenggara program Jaminan Kesehatan Nasional yang memberikan perlindungan finansial dalam akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Untuk memastikan peserta memperoleh layanan yang berkualitas dan terjamin, BPJS Kesehatan menyediakan berbagai kanal layanan untuk mendapatkan informasi serta menyampaikan pengaduan. Hal ini sangat bermanfaat bagi peserta guna mendapatkan informasi yang akurat dan cepat, ataupun penyampaian pengaduan yang praktis, meskipun demikian banyak dari peserta BPJS Kesehatan yang merasa kebingungan terhadap cara memanfaatkan kanal kanal tersebut, dengan hasil akhir mereka mengunjungi kantor BPJS Kesehatan hanya untuk mendapatkan layanan yang di inginkan.

Ilustrasi: "Barnner Informasi dan Pengaduan"

Berikut adalah kanal yang disediakan oleh BPJS Kesehatan untuk kemudahan akses layanan peserta JKN :

Care Center 165

BPJS Kesehatan care center 165 merupakan kanal layanan informasi non tatap muka yang dapat di akses oleh peserta maupun masyarakat umum melalui telepon gengam, telepon rumah maupun akun resmi sosial media BPJS Kesehatan yang dapat di akses setiap hari selama 24 jam. 

Adapun jenis layanan pada BPJS Kesehatan Care Center 165 ini adalah: 

Layanan Voice Interactive  JKN (VIKA) - Layanan informasi melalui mesin penjawab dengan menu pilihan yang dapat di pilih oleh peserta saat menghubungi layanan BPJS Kesehatan Care Center 165 untuk melakukan pengecekan Status Peserta dan Tagihan Iuran, perubahan/ mutasi data peserta, Pemberian informasi dan penyampaian pengaduan terkait program JKN yang di layani langsung oleh agen BPJS Kesehatan Care Center 165

Pandawa

Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (PANDAWA) merupakan kanal layanan tanpa tatap muka/ kontak fisik antara petugas frontliner dengan peserta, menggunakan media WhatsApp untuk memfasilitasi peserta memperoleh layanan administrasi kepesertaan. PANDAWA dapat di akses oleh peserta melalui nomor 08118165165 pada hari dan jam kerja (Senin s/d Jumat, pukul 08.00-15.00 WIB).

Untuk jenis layanan pada kanal PANDAWA antara lain:

Pendaftaran Baru : PNS/TNI/POLRI, Warga Negara Asing, Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) Mandiri

Penambahan Anggota Keluarga: PNS/TNI/ POLRI, dan Pensiunan/ Veteran -Perintis Kemerdekaan, Penerima Bantuan Iuran (PBI APBN) yakni bayi baru lahir, Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) Mandiri.

Pengaktifan kembali status kepesertaan: Anak yang berusia > 21 tahun yang masih menempuh pendidikan formal (Kuliah), Registrasi ulang (PNS,TNI,POLRI,Veteran-Perintis Kemerdekaan), Registrasi ulang bayi berusia > 3 Bulan yang telah terdaftar di pencatatan sipil (Disdukcapil) dibuktikan dengan kepemilikan Nomor Induk Kependudukan, WNI yang telah kembali dari luar Negeri, dan Data Ganda Kepesertaan.

Mutasi Kepesertaan: Kepesertaan yang non-aktif dimutasikan ke segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) Mandiri.

Perubahan/Perbaikan Data: Perubahan Identitas, Golongan/ Pangkat, Gaji, perubahan Alamat, perubahan Fasilitas Kesehatan TK.1 (dengan ketentuan faskes sebelumnya > 3 bulan), Perubahan kelas rawatan (bagi peserta yang belum melakukan pembayaran pertama), Update VA (Virtual Account)

Pengurangan Anggota Keluarga: Pelaporan Peserta yang meninggal dunia, Pembaruan anggota keluarga dalam KK (Pindah KK baru), pelaporan WNI Keluar Negeri.

Chika

Chat Asisstant JKN (CHIKA) Merupakan kanal layanan informasi chatbot yang tersedia di WhatsApp melalui nomor 08118750400, Facebook Messenger, atau Telegram (http://t.me/Chika_BPJSKesehatan_bot). Adapun Jenis kebutuhan yang di layani adalah : Cek status Peserta, Cek Tagihan Iuran Peserta, Skrining Kesehatan, Info JKN, Panduan Layanan, serta cari lokasi (kantor BPJS Kesehatan, Fasilitas Kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan)

SIPP 

Saluran Informasi Penangan Pengaduan (SIPP) BPJS Kesehatan merupakan sistem yang di sediakan untuk peserta JKN-KIS mendapatkan informasi dan menyampaikan pengaduan seputar program JKN yang terhubung langsung oleh Kantor Cabang yang dapat memberikan informasi dan menangani pengaduan sesuai kebutuhan peserta secara realtime. Saluran Informasi Penanganan Pengaduan dibuat untuk memberikan kemudahan, kecepatan dan kepastian layanan informasi dan penanganan pengaduan peserta yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja

MPP

Mall Pelayanan Publik (MPP) adalah pengintegrasian Pelayanan Publik yang diberikan oleh kementerian, lembaga, pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota, badan usaha milik negara, badan usaha milik daerah, serta swasta secara terpadu pada 1 (satu) tempat sebagai upaya meningkatkan kecepatan, kemudahan, jangkauan, kenyamanan, dan keamanan pelayanan.

Mobile JKN

Mobile JKN merupakan Aplikasi yang di luncurkan oleh BPJS Kesehatan sebagai salah satu kesungguhan dalam meningkatkan layanan kepada peserta, Mobile JKN memiliki banyak fitur salah satunya fitur pengaduan layanan JKN. Peserta dapat memanfaatkan fitur tersebut untuk memperoleh layanan pengaduan dan permintaan informasi, tanpa harus datang ke kantor Cabang maupun kantor Kab/ Kota.

Kesimpulan

BPJS Kesehatan terus berupaya meningkatkan kualitas layanan jaminan kesehatan nasional. Mereka telah mengimplementasikan berbagai inovasi dan program pengembangan, tidak hanya dalam hal administratif, tetapi juga aspek teknis dari jaminan kesehatan. Hasil dari upaya ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam efisiensi operasional BPJS Kesehatan, terutama melalui digitalisasi sistem informasi peserta. Selain itu, program teknis baru juga telah meningkatkan standar kualitas pelayanan kesehatan kepada peserta. Hal ini menegaskan bahwa inovasi dan pengembangan memainkan peran penting dalam meningkatkan sistem jaminan kesehatan. Harapannya penting bagi peserta untuk dapat memanfaatkan inovasi yang diperkenalkan oleh BPJS Kesehatan dengan maksimal agar manfaat ini dapat di rasakan sepenuhnya, terutama dalam hal memperoleh informasi dan penyampaian pengaduan.

Sumber:

BPJS Kesehatan, 2023. Informasi dan Pengaduan. [Online] Available at: https://sipp.bpjs-kesehatan.go.id/sipp/#/home/dashboard#app [Accessed 30 September 2023].

BPJS Kesehatan, 2023. Layanan Informasi dan Administrasi. [Online] Available at: https://bpjs-kesehatan.go.id/#/ [Accessed 30 September 2023].

Perpres, 2021. Penyelenggaraan Mall Pelayanan Publik. [Online] Available at: https://peraturan.bpk.go.id/Details/178103/perpres-no-89-tahun-2021 [Accessed 30 September 2023].

RSGM, 2023. Mobile Customer Service (MCS) BPJS Kesehatan goes to RSGM UGM Prof. Soedomo. [Online] Available at: https://rsgm.ugm.ac.id/2023/06/26/mobile-customer-service-mcs-bpjs-kesehatan-goes-to-rsgm-ugm-prof-soedomo/#:~:text=Yogyakarta%2C%20Layanan%20Mobile%20Customer%20Service,seputar%20kepesertaan%20jaminan%20kesehatannya%20tak [Accessed 30 September 2023].

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)